Sabtu, 08 Agustus 2015

HIZIB DAN HADIST

DALIL-DALIL HADIST

1.HADIST ABU SA'ID AL-KHUDRI

"Abu Sa'id al-Khudri berkata: " Suatu ketika beberapa orang sahabat Rasululloh saw,berpergian ,hingga sampai pada suatu perkampungan arab. Mereka meminta penduduk kampung arab itu agar menerima mereka sebagai tamu, tetapi mereka menolaknya. Lalu kepala suku kampung itu tersengat kalajengking beracun. Akhirnya penduduk kampung itu berupaya meolong kepala sukunya dengan segala cara, akan tetapi hasilnya nihil. Lalu sebagian dari mereka berkata:" Bagaimana kalau kita mendatangi rombongan yang lagi singgah itu,barangkali diantara mereka dapat menolong." kemudian mereka mendatanginya,dan berkata: "Wahai rombongan ,kepala suku kami disengat kalajengkin. kami sudah berusaha menolongnya dengan segala cara, tapi hasilnya nihil. Apakah diantara kalian ada yang bisa membantu?" Sebagian mereka menjawab:" Ya, demi Allah saya bisa meruqyah. Tetapi kalian telah menolak kami sebagai tamu. Jadi saya tidak mau meruqyah kecuali kalian menjanjikan upah buat kami". Lalu mereka menyetujui dengan imbalan beberapa ekor kambing.Ia pergi meruqyah dan membaca surah al-Fatihah.Setelah itu sang kepala suku langsung sembuh. Ia segera dapat berjalan tanpa merasa sakit sama sekali" Sebagian rombongan mengatakan:" Bagi-bagi". Lalu yang meruqyah berkata:" Jangan dulu,sehingga kita mendatangi Rasululloh,kita laporkan apa yang terjadi.Kita lihat apa perintah beliau". Lalu mereka mendatangi Rasululloh dan menceritajan kejadiannya. Lalu Rasululloh bersabda:" Jadi kamu tahu kalau itu Ruqyah?" Beliau berkata:" Kalian benar, bagi-bagikan hasilnya. Dan saya minta bagian juga".

Hadist ini diriwayatkan oleh al-Bukhari (2115),Muslim (2201),Abu Dawud (3900),al-Tirmidzi (2064),al-Nasa'i dalam 'Amal al yaum wa al-Lailah (1028),Ibn Majah (2156).

Hadist i ni menunjukkan, bahwa sesuatu yang tidak di ajarkan Rasululloh belum tentu jelek dan sesat, apalagi berbau syirik. Hadist ini juga menunjukkan bahwa al-Qur'an itu dapat digunakan sebagai penyembuh.

2.HADIST ABU HURAIRAH r.a
"Abu Hurairah r.a berkata:" Ada seorang laki-laki datang kepada Rasululloh saw dan berkata: "Wahai Rasululloh,tadi malam saya disengat kalajengking. " Beliau menjawab:" Andaikan kamu membaca pada sore hari (A'UDZU BIKALIMATILLAHITTAMMATI MIN SYARRI MAA KHOLAQO LAM TADURROKA) pasti kalajengking tidak menyengatmu" 

Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim (6819) dan Malik (2/951).
Hadist ini mengajarkan kita agar berlindung dengan kalimat-kalimat Allah seperti al-Qur'an dari kejahatan apapun didunia ini.

3.HADIST KHAULAH BINTI AL-HAKIM AL-SALAMIYAH

Khaulah binti al-Hakim al-Salamiyah r.a berkata:" Aku mendengar Rasululloh saw bersabda:" Barangsiapa singgah di suatu tempat lalu mengatakan "A'UDZU BIKALIMATILLAHITTAMMATI MIN SYARRI MAA KHOLAQ, Maka ia tidak akan ditimpa oleh marabahaya apapun sampai ia pergi ketempat singgahnya itu.
     Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim (2708). Hadist ini mengajarkan kita agar berlindung dengan kalimat-kalimat Allah, dan tentu saja termasuk al-Qur'an,dari marabahaya dan kejahatan yang mungkin mengancam kita disuatu tempat. Sebenarnya hadist-hadist seperti redaksi diatas ada banyak,dan bisa menjadi rujukan dan referensi bantahan terhadap kaum wahabi. Namun ini saja sudah cukup, karena sebanyak apapun dalil kita, maka agama wahabi akan menolaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar