Sabtu, 08 Agustus 2015

HIZB DAN AL-QUR'AN

KHASIAT AYAT-AYAT AL-QUR'AN


     Kita tahu, secara umum kita tahu, bahwa amaliyah dari ahlussunnah wal jamaah yang dering di hujat oleh Bin Baz dkk,adalah masalah Hizb. Hizb yang dikenal dalam lingkungan aswaja itu ada dua macam, yaitu hizb al-Bahr dan hizh an-Nashr.
Amaliyah yang satu ini juga disebut amaliyah syirik dan musrik oleh Syech,entah itu Syech Bin Baz atau Syech-TAN ^_^.
berikut ini adalah salah satu Hizb Bahr yang dihujat oleh salah satu Ngustad wahabi.

"Bismillah adalah pintu kami,tabaraka adalah pagar kami,yasin adalah atap kami,kaf ha' ya' 'ain shod yang mencukupi kami,ha mim sin sin qaf adalah pelindung kami"
 
KOMENTAR WAHABI:
* kalimat tersebut belum pernah diucapkan oleh ulama salaf di masa sahabat ataupun sesudahnya. Apalagi dari Rasululloh saw,kalimat itu justru membahayakan keimanan.Berlindung kepada huruf semacam itu persis dengan ajaran yang menyatakan bahwa al-Qur'an itu banyak khasiatnya"
tidak sampai disitu, masih ada lagi komentar yang lain,,,,,:
"kalimat huruf tersebut jelas termasuk kesyirikan yang tak terbantahkan lagi,karena menyatakan huruf ha min 'ain sin qaf sebagai pelindung dari mara bahaya "
"Huruf itu tiada harganya disisi Allah,tidak mempengaruhi nilai doa kita"

 
Inilah sebagian ocehan Tolol kaum wahabi yang di amini oleh semua pengikutnya Dalam mengkritik amaliyah yang sudah mengakar sejak zaman salaf yang saleh. Tentu saja kritikan ini terlalu gegabah dan membuktikan kedangkalan ustad-ustad wahabi dalam menelaah kitab-kitab hadist sehingga menafikan salah satu esensi ajaran Rasululloh dalam hadist-hadist yang shahih.
     Diantara cabang dalam disiplin ilmu al-Qur'an adalah ilmu khawashsh al-Qur'an ,yaitu ilmu yang menerangkan tentang khasiat-khasiat yang dikandung oleh ayat-ayat al-Qur'an . Para pakar ilmu al-Qur'an seperti al-Imam Muhaddist Badruddin al-Zarkasyi dalam al-Burhan fi 'ulum membuat satu bab khusus tentang ini.
     Ada sekian banyak dalil bahwa al-Qur'an memiliki sekian banyak khasiat bagi kebutuhan manusia. Berikut akam kami sajikan dalil-dalil khasiat al-Qur'an yang di anggap oleh wahabi bahwa al-Qur'an itu hanya bacaan belaka.

1.DALIL AL-QUR'ANUL KARIM
Allah SWT berfirman :
"Dan kami turunkan dari al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS.al-Isra': 82)

Menurut Ibn Qayyim,ayat ini memberikan penjelasan bahwa seluruh kandungan al-Qur'an itu dapat menjadi penyembuh yang sempurna dari segala penyakit,pelindung yang bermanfaat dari segala mara bahaya,cahaya hidayah dari segala kegelapan dan rahmat yang merata bagi orang-orang yang beriman. Dalam konyeks ini ,Ibn Qayyim mengatakan dalam kitabnya ZAD AL-MA'AD (4/162):
"Dan telah diyakini bahwa sebagian perkataan manusia memiliki sekian banyak khasiat dan aneka kemanfaatan yang dapat dibuktikan. Apalagi ayat-ayat al-Qur'an selaku firman Allah, tuhan semesta alam ,yang keutamaannya atas semua perkataan sama dengan keutamaan semua makhluk-Nya . Tentu saja,ayat-ayat al-Quran dapat berfungsi sebagai penyembuh yang sempurna,pelindung yang bermanfaat dari segala marabahaya,cahaya yang memberi hidayah dan rahmat yang merata. Dan andaikan al-Qur'an itu diturunkan kepada gunung, niscaya ia akan pecah karena keagunggannya. Allah telah berfirman:" Dan kami turunkan dari al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS.sl-Isra':82). Kata-kata dari al-Qur'an ,dalam ayat ini untuk menjelaskan jenis, bukan bermakna sebagian menurut pendapat yang paling benar." (Ibn Qayyim ,zad al-ma'ad,2/162)
 
Maksud dari pernyataan Ibn Qayyim ini ,adalah bahwa semua ayat-ayat al-Qur'an dapat berfungsi sebagai penyembuh yang sempurna ,pelindung yang bermanfaat,cahaya yang memberi petunjuk dan rahmat yang merata bagi orang-orang yang beriman sebagaimana dijelaskan secara lebih gamblang oleh al-Hafizh al-Dzahabi dalam AL-THIBB AL-NAWAWI (hal. 165):
 
"Yakni ,kami turunkan al-Qur'an yang semuanya dapat berfungsi sebagai penyembuh...''
 
Ada beberapa kesimpulan yang dapat dipetik dari pernyataan Ibn Qayyim yang sangat dikagumi para Wahabi ini:

PERTAMA: sebagian perkataan manusia diyakini memiliki sejian banyak khasiat dan faedah yang dapat dibuktikan melalui percobaan.

KEDUA: Seluruh ayat-ayat al-Qur'an ,yang tentunya lebih utama dari perkataan manusia jelas lebih memiliki kandunagn khasiat dan manfaat bagi kehidupan daripada perkataan manusia.

KETIGA: Ayat-ayat al-Qur'an berfungsi sebagai penyembuh dan  penawar yang sempurna dari segala penyakit.

KEEMPAT: Ayat-ayat al-Qur'an dapat berfungsi sebagai pelindung yang bermanfaat dari segala marabahaya dan kejahatan.

KELIMA: ,Ayat-ayat al-Qur'an berfungsi sebagai cahaya petunjuk dari kegelapan.

KEENAM: Ayat-ayat al-Qur'an dapat berfungsi sebagai rahmat yang merata bagi orang-orang yang beriman.
     Apakah dengan pernyataan-pernyataan ini Ibn Qayyim berarti mengajarkan kemusrikan dan kesyirikan????? Mudah-udahan Ibn Qayyim tidak di caci dan dan di maki oleh wahabi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar